Rabu, 04 Juli 2018

my wedding




NIKAH MODAL 50JUTA... BISA BANGET!!!


salam....
Raisyadecoration
pernikahan memang menjadi suatu yang diidam-idamkan oleh semua manusia ya apalagi untuk kaum wanita pasti sudah membayangkan mau nikahan menggunakan konsep yang mereka sukai.
sama halnya seperti saya, saya ingin nikah yang seperti ini.. seperti itu.
awalnya saya sudah keliling-keliling juga cari vendor, tapi setelah difikir-fikir kenapa jatuhnya mahal banget sih..akhirnya saya nekat untuk memegang semuanya sendirian.  mulai dari A-Z bener-bener sendirian sedikit dibantu oleh ibu saya.

ini merupakan mantu kedua buat ibu saya, jadi pinginnya memang gak seWAH kakak perempuan saya yang pertama, mengingat saya juga gak kerja dan saya cuma dikasih budget 50juta saja, jadi sebisa mungkin saya gunakan untuk membuat pernikahan saya MURAH tapi gak MURAHAN.

setelah nikah banyak yang tanya "habis berapa ratus juta kemarin itu?" "pakai vendor apa?" "bagi2 sarannya dong" dan lain-lain. akhirnya saya berinisiatif untuk membagikan pengalaman ini.

jadi awalnya waktu pernikahan kakak perempuan saya yang pertama, semua urusan nikahan dia juga saya yang ngatur semuanya karena dia kerja dan malamnya kuliah. jadi sedikit banyak sudah tau gimana-gimananya urusan pernikahan dan saya banyak belajar juga dari pengalaman.

saya orangnya simpel sih aslinya, gak suka yang aneh-aneh juga jadi gak susah untuk saya ngurusin pernikahan ini. jadi saya mau dengan budget segitu pernikahan saya tetap berkesan untuk semuanya.
tulisan ini saya sembahkan untuk kalian yang berbudget seperti saya ya. hehehe
mungkin ada sebagian emang mempersiapkan dana yang fantastis ya. tapi pasti juga ada yang budgetnya minimalis :)

oke deh kita mulai..hmmm pertama mulai apa dulu ya??? mulai dari akad nikah dulu aja ya..
jadi saya akad nikah di MASJID NASIONAL AL-AKBAR SURABAYA. biaya nikahan di sini Rp.3.500.000 itu sudah termasuk kelas pranikah, tes kesehatan calon pengantin,  MC, khutbah nikah, dan qori'nya. ikut kelas pranikah iu penting bgt lhoo.. banyak banget bekal yang kita dapatkan. jadi dimanapun kalian nikahnya usahakan cari kelas pranikah.nikah. oia, kalau mau nikahan di sini apalagi nikahnya dibulan musim nikah dan tanggal cantik mending jauh-jauh hari deh ya.. setahun lah paling enggak. saya kemarin rencana nikah tanggal 9-9-2017 padahal itu bookingnya H-8 bulan tapi ternyata sudah full dari setahun yang lalu jadinya dapat yang tanggal 10-09-2017 itupun dapat yang jam 6 pagi soalnya jam 8 kebarengan sama nikahannya ponakannya pak Jokowi jadi harus steril deh itu masjid.

setelah akad nikah langsung diadakan resepsi siang harinya, kenapa kok langsung? karena saya pingin keluarga datang dikedua acaranya biar gak bolak-balik gitu soalnya saudara saya rata-rata dari luar kota dan luar pulau. terus lebih hemat biaya juga semuanya.

sempat jadi perdebatan untuk memilih tempat resepsi pernikahan, saya minta ke ortu kalau saya gak mau nikahan nutup jalan. karena rumah saya dipinggir jalan utama, dan saya pernah ngerasain bgt susahnya cari jalan ketika musim nikahan gini. jalan utama di tutup, gang-gang kecil juga pada di tutup. ortu saya juga gak mau nikahan di gedung yang jauh-jauh soalnya saya tinggal di kampung jadi pasti nanti malah kerja dua kali karena tetangga-tetangga pada datangnya ke rumah. rezeki gak kemana sih, ternyata di desa sebelah ada gedung serbaguna. biar nikahan di gedung serbaguna yang penting kan tetap gedung kan yaa dan tidak menutup jalan nyusahin orang banyak. heheh.. 
sewa gedung ini cukup murah hanya Rp. 2.000.000 saja untuk 24 jam. 

kemudian untuk baju pengantin. saya sudah keliling-keliling tuh cari tukang rias, tiap ada event di mall-mall juga pasti ngikutin tapi semuanya mahal-mahal.. gak sesuai sama budjed saya, akhirnya saya memakai jasa rias yang ada di dekat rumah saya. mbak elys namanya. jadi dari mbak elys itu dengan harga Rp.7.500.000 saya dapat foto n baju prewed (ini sekalian tes make upnya cocok apa enggak, kurang apa, oia saya tanpa cukur alis juga), baju akad n resepsi plus make up, makeup n baju resepsi untuk ortu n besan, 10 among tamu, 2 pasang kembang mayang, foto prewed, nikah sampai resepsi total 4 roll, MC resepsi, sama paketan perawatan pengantin ratus, lulur, n spa (orangnya datang ke rumah lagi, orang keturunan arab jadi bahan-bahannya pakai bahan-bahan alami), plus gaun wanita untuk acara unduh mantu. murah kaann  :)

undangan nikahan saya juga pesan sendiri. saya cari online yang kebetulan lokasinya dekat banget sama rumah suami saya. undangannya saya pakai @rizkyweddingcard (Instagram). saya pesan 1000 undangan, free design juga semau kita lah pokoknya. undangan saya softcover ukuran 14x22 (kalau dibuka 28x22. undangan ini harganya Rp. 1.500. murah ya, tapi hasilnya bagus kok, gak ngecewain juga, toh saya mikirnya mau seberapa mahal undangannya pun pasti juga dibuang gitu aja. kalau saya sih yang penting pantes aja dikasihkan ke orang, gak malu-maluin juga. jadi saya gak mau buang-buang uang diundangan.

untuk teman-teman yang jauh saya juga membuat undangan online, bikin sendiri di webnya gratis lagi. lunayan bagus juga bisa dikasih lagi, foto, maps. ini contoh undangan online saya dulu  http://fitri-hafidz.nikah.co.id/#home

souvenir saya juga carinya online, saya pesan di @souvenirmurahonline_sidoarjo (Instagram). ini pilihan ibu saya. ibu saya maunya souvenir yang manfaat, besar tapi murah. saya pakai souvenir dompet batik yang ukurannya 22x9 dan harganya Rp. 5.500. saran biar harganya murah itu minta dikemas plastik biasa aja, kalau pakai mika harganya selisih 1.500.

dekornya saya juga pakai tetangga sendiri. full dekor cumma kena Rp. 7.000.000  aja. heheh harga tetangga ini :) dekornya bagus-bagus. bisa dilihat di @Raisyadecoration.

untuk catering ini yang menghabiskan banyak biaya. tapi sama ibu saya diakali untuk masak sendiri. jadi tetangga saya kebetulan ada yang koki. dan ibunya cuma minta di bayar Rp. 1.500.000 aja untuk 7 menu masakan. tidak termasuk menu joglo. untuk belanja bahan-bahan dapur beliau minta tetap ibu saya yang belanja jadi saya bisa hemat banyak banget dimakanan ini. belanja kebutuhan dapur plus berkat untuk walimah menghabiskan dana kira-kira Rp. 20.000.000 ini masak untuk 1000  undangan dikali 2 (karena datangnya suami istri) sekitar 1800an porsi lah. 20juta ini sudah termasuk menu gubuk ya )sate, tahu campur, bakso, gado-gado, esya ada es manado dan jus. untuk peralatan masaknya ibu saya dipinjami oleh para tetangga. dan alhamdulillahnya beliau ini kalau masak bisa pas banget lebihnya gak terlalu banyak jadi kami gak ada buang-buang makanan dan masakannya enaaaaaakkk banget. 

karena masak sendiri berarti butuh piring dan tempat untuk makanannya kan. nah saya juga baru tau nih ternyata ada yang menyewakan tempat cateringnya. pirih dan wadah untuk makanan di atas, hiasan dan 8 petugasnya biayanya Rp. 5.000.000. kita juga gak perlu repot angkat-angkat piring dan cuci piring. mereka semua yang beresin.

ada yang kelupaan. untuk box seserahannya say gak beli, karena kalau beli pasti gak dipakai lagi, jadi saya sewa di @berkah_seserahan (Instagram) 8 box Rp. 350.000 sudah dihias juga.

untuk penceramahnya bapak saya mengundang KH. Sholihin Yusuf dari Surabaya. bookingnya juga kudu jauh-jauh hari. ini bapak saya booking H-8 bulan aslinya sudah full, tapi kebetulan pas hari itu ada kosong 3 jam jadi bisa deh.

untuk penghematan lainnya saya tidak menggunakan bridesmaid dan seragam keluarga.

jadi kalau dihitung ulang
akad               Rp. 3.500.000
gedung           Rp. 2.000.000
rias                 Rp. 7.500.000
undangan       Rp. 1.500.000
souvenir         Rp. 5.500.000 
dekor              Rp. 7.000.000
catering          Rp. 21.500.000
alat catering    Rp.5.000.000
seserahan        Rp. 350.000
                       -------------------- +
                       Rp. 53.850.000

kurang lebih segitu deh, sebanrnya mau berapapun budget yang kita siapkan itu pasti akan kurang. tapi gimana kita memaksimalkan apa yang ada aja dan jangan lupa bersyukur.
semoga bisa membantu :)
gelysfinemakeup
 


keluarga suami

keluarga saya

akad nikah


akad nikah masjid al-akbar sudabaya

gelys makeup

ust solihin yusuf surabaya

nikah murah

akad

akad

masjid al-akbar Surabaya

fitrihafidzwedding

adat jawa

@berkah_seserahan

@souvenirmurahonline_sidoarjo

fitrihafidzwedding

@rizkyweddingcard















Tidak ada komentar:

Posting Komentar