Minggu, 20 Oktober 2013

menikmati indahnya ranu kumbolo

hembusan angin dihempaskan, ombak lautan menghempas karang, hutan dan gunung sejuk semerbak dengan panorama yang terlukiskan.
film 5 CM memeberikan keberanian, kamilah segelintir manusia yang merasakan dekapan hutan, pendaki amatiran yang menerjang hutan dengan senyuman dan bumbu kegelisahan serta berakhir menjadi persahabatan.
sabtu, 31 Oktober 2013 pukul 19.50 kami memulai perjalanan dari terminal gubeng surabaya menuju malang dengan menggunakan kereta api, pukul 10.50 kami sampai di stasiun kota baru malang. biaya naik kereta api cukup murah, hanya Rp. 4000,- / orang. sampainya disana kami langsung menyarter angkutan umum untuk melanjutkan perjalanan ke tumpang rumah mbak nur salah satu basecampnya pendaki. carter angkutan umum ini Rp 120.000/angkutan umum. sekitar jam 12an kami sampai di rumah mbak nur dan ternyata disana sudah banyak sekali pendaki, ada yang mau naik ada yang sudah mau pulang. Di rumah mbak nur kita bisa menyiapkan segala perlengkapan yang kurang seperti kebutuhan logistik ataupun surat kesehatan,dll. 
kami menyempatkan ngobrol dengan pendaki disana, salah satu mengingatkan kami untuk membawa jas hujan sebab mereka 2 malam disana dan hujan terus, ah rasanya dag dig dug banget, gak kebayang aja gunung itu sudah dingin, gak ada rumah yang bisa dibuat berteduh lagi, jadi kami hanya berdoa saja supaya cuacanya bersahabat.
minggu, 1 september 2013 pukul 06.00 kami melanjutkan perjalanan dari tumpang menuju ranu pani. kami berangkat naik truk per orang dikenakan biaya Rp 35.000. 1 truk minimal berisi 15 orang. pukul 07.30 kami sampai di ranu pani dan di pos sini kami diminta untuk mengisi data diri anggota dan perlengakapan yang di bawa. setelah urusan selesai start pukul 08.00 kami memulai dengan melangkah. Bismillah!!!

Diawal perjalanan kami cukup senang, karena kami sang amatir baru kali ini menginjakkan kaki di gunung tertinggi pulau jawa, hanya dengan modal penasaran akan ranu kumbolo dan modal nekat :)

tak ada yang mengira perjalanan kami amat sangat panjang.jika pendaki lain menempuh perjalanan dari ranu pani ke ranu kumbolo antara 4-6 jam, sedangkan kami menempuhnya dengan waktu 10 jam :) maklum lah kan amatir (alibi) kami terlalu menikmati perjalanan ini mungkin ya hehe..



kalau boleh jujur sebenarnya perjalanan lama kami karena bawaan kami yang berlebihan. orang yang berpengalaman sudah mengingatkan "bawa seperlunya aja, jangan berlebihan, cukupkan pada 1 tas kalau bisa ditangan jangan membawa apa-apa" hanya saja kami yang bandel bawaan kami super duper deh pokoknya sampai malu mau ditulis disini, tapi gak papa lah buat pengalaman. kami bawa jagung 2 kg, telo 1 kg, ubi madu 2 kg, snack yang berlebihan, air mineral tiap anak 2 botol besar karna kami 7 anak jadi ada 14 botol, itu baru logistik kami juga membawa tikar yang biasanya untuk selametan itu..hehe:) maklum lah kami rada' pek'ak kan amatir (alibi). yang bikin malu lagi setiap berpapasan dengan pendaki lain pasti mereka komen "beneran nih mau muncak dengan bawaan segini banyak?, ini porter apa pendaki ya? mau camping ya? wah, ind*mart pindah di semeru" malu banget sih tapi mau gimana lagi sudah separo parjalanan.
tapi kami baik hati :) selama perjalanan kami bagi-bagikan air mineral dan sedikit logistik  kami secara cuma-cuma :) itung-itung mengurangi beban kami. sudah ah malu cerita tentang barang bawaan kami :P 
singkat aja ya... jam 06.00 akhirnya kami sampai di ranu kumbolo..keindahannya subhanallah banget deh :)
sampai ranu kumbolo kami membagi tugas. ada yang mendirikan tenda ada yang masak. karna sudah cukup gelap sedikit susah untuk mendirikan tenda, ditambah fikiran kami yang amburadul memikirkan salah seorang teman kami yang memisahkan diri memilih ikut mas-mas dari jogja yang bari kami kenal selama parjalanan.kalu dia laki gak masalah ini perempuan. setelah mandirikan tenda dan makan malam 2 orng teman kami mencari R tapi hanya mencari di sederet ranu kumbolo aja tidak sampai sebrang mengingat fisik kami yang kelelahan dan sudah malam. akhirnya teman kami kembali tanpa membuahkan hasil. kami hanya berdoa semoga dia baik-baik saja.

dingin malam ini begitu menusuk, entah kedinginannya mencapai berapa derajat. jam 9 kami tidur dengan fikiran tidak tenang. ada lagi kejadian jam 2 pagi ada sekelompok orang mencari temannya yang hilang,duuhhh jadi tambah kefikiran teman kami.
mitosnya kalau ke gunung itu gak boleh ganjil sebab yang 1 itu pasti bakal kenapa-napa kalau gak hilang ya memisahkan diri apa kepeleset dll pokoknya kena musibah.tapi ini mitos lho ya boleh percaya boleh tidak yang jelas terbukti ditim kami.

ranu kumbolo pagi hari....
sangat cantik.dengan danau yang tenang, warna hijau yang cantik, di tambah sejuk yang menusuk..
bener-bener keindahan alam yang patut disyukuri..
gimana ya mengungkapkan keindahannya..pokoknya amazing banget lah.kalau penasaran datang aja sendiri :)


setelah sarapan teman kami kembali mencari R disebrang dan alhamdulillah ketemu.
pagi ini kami benar-benar menikmati keindahan ranu kumbolo.lumayan lah rasa capek kami terbayarkan. 
sebenarnya rencana kami menginap 2 malam di ranu kumbolo tapi karna feeling sudah benar-benar gak enak jadi terpaksa kami memutuskan untuk kembali.
berat sekali meninggalkan tempat cantik ini..
tapi kami sudah sepakat untuk mengunjunginya lagi dengan hati yang senang dan bawaan tang tidak lebay.hehehe:)

senin pukul 11.00 kami memulai start dari  ranu kumbolo. bawaan kami lumayan cukup ringan sebab logistik kami di bagikan ke pandaki-pendaki yang masih bermalam di sana.. kami berhasil turun dengan waktu 5 jam. lumayanlah dari pada 10 jam :) ditengan perjalanan kembali kehilangan reza. dia memilih unuk turun duluan dengan alasan kelaparan, padahal kami juga merasakan hal yang sama.
jam 4 kami sampai di ranu pani. melepas lelah dengan minum es oyen dan makan kare ayam..enaknya... :)
tanpa dicari R teman kami datang dengan tampang kesakitan. pas kami tanya ternyata dia habis jatuh, katanya pas jalan kayak ada yang ngedorong dia.

 disinilah bagaimana kesabaran, kebersamaan, dan pengertian itu di ujikan, sehingga kita bisa mengerti tentang persahabatan dan indahnya kehidupan.

pukul 18.00 kami melanjutkan perjalanan ke tumpang. kami menginap lagi 1 malam di mbak nur 
selasa pagi kami ke malang, tapi masih menghabiskan waktu untuk jalan-jalan dan kuliner sambil menunggu kereta jam 16.00.

itulah sedikit pengalaman dan cerita kami..semoga bisa di ambil hikmahnya..
dan semeru...kami janji akan menyapamu kembali..tidak hanya ranu kumbolomu, tapi kami akan menyapa puncakmu..insya allah :)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar