Rabu, 14 November 2012

konsumerisme

Tugas PKBU

Nama          : Fitria Nur Hidayah
NIM             : 121111094

Budaya konsumen merupakan budaya dimana masyarakan hanya dapat menggunakannya saja tanpa melakukan produksi. Budaya konsumen biasanya dilakukan oleh kelompok menengah, hal ini dikarenakan mereka lebih memiliki banyak waktu luang dan mereka juga memiliki cukup uang untuk mengisi waktu luangan, seperti berfoya-foya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Sebagian faktorfaktor tersebut tidak diperhatikan oleh pemasar tetapi sebenarnya harus diperhitungkan untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor perilaku konsumen tersebut mempengaruhi pembelian konsumen.

Gaya hidup adalah bentuk khusus pengelompokan status modern, gaya hidup biasanya diasumsikan berdasarkan organisasi sosial konsumsi dan menekankan keterkaitan pandangan-pandangan normatif, daripada oraganisasi sosial produksi yang secra klasik menjadi basis struktur kelas. Konsumsi dalam arti luas mengacu pada seluruh tipe aktivitas sosial yang orang lakukan sehingga bisa kita pakai untuk mencirikan dan mengenali mereka, selain apa yang mungkin “lakukan” untuk hidup.

Dampak dari budaya konsumen ini adalah
  1.  Hedonisme atau memuja kesenangan sesaat
  2. Konsumerisme
  3. kapitalisme

contoh dampak dari budaya konsumen, senang dengan budaya-budaya atau kegiatan yang tidak memiliki banyak manfaat, seprti nonton film di bioskop, asyik nonton tv dan mengalihkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih penting, membeli barang-barang yang memiliki merk-merk tertentu.
Dalam hal ini saya mengambil contoh seseorang menggunakan gadget yang berlebihan. Zaman sekarang saat banyak masyarakat yang menggunakan gadget lebih dari satu padahal sebenarnya yang sesuai kebutuhan satu saja cukup. Di sebabkan faktor lingkungan, psikis, dan lain-lain sehingga banyak masyarakat yang menggunakan gadget lebih dari satu untuk memuaskan keinginan semata bahkan hanya karena mengikuti tren dan tidak ingin di sebut gagap teknologi atau biasa disebut gaptek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar