Minggu, 28 Oktober 2012

kitab bustam salatin



Kitab BUSTAM SALATIN  
No.Inv                    >   2047 M
Asal Kitab               >   Tuban
Bahan naskah          >    Kertas sejenis folio persegi panjangyang ukuran panjangnya mencapai 33,3    cm, lebar 21,5 cm dan tebal 2,7 cm, sedangkan penjilidannya menyerupai sebuah buku. Lembaran naskah disusun menjadi satu bagian yang dijahit dengan benang wol yang sudah berwarna kecoklatan
Kondisi Naskah      >    baik, tetapi ada sebagian naskah yang hilang.
Jenis Aksara            > Arab dengan Khat Naskhi
Ø  Huruf Arab yang digunakan adalah huruf Arab- Jawa berharakat, dengan menggunakan bahasa Jawa 
Jenis Tinta               >    Menggunakan dua tinta hitam dan merah. Tinta merah di gunakan untuk menegaskan hal-hak yang penting

Halaman                  >   Karena ada sebagian naskah yang hilang sehingga yang tersisa adalah 194 halaman yang terdiri dari 9 bab.
Tulisannya berada pada kertas bolak- balik. Ditulis tanpa memberikan halaman.
Iluminasi                 > Pada tiap halaman tulisan dibatasi oleh bingkai yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang mencapai 16 cm lebar mencapai 12 cm. bingkai itu terdiri dari ruas yang berjarak 2 cm setiap barisnya.
Kolofon                  >   Punika ingkang kagungan Kitab Bustam Salatin Kanjeng Rahaden Ayu Pangeran Cietra Soma kaping nem ing Jepara, Hijrah Nabi Salalahu Ngalaihi Wassalam sewu rong atus limang puluh songo taun Hijriah.
Artinya :Yang  mempunyai  Kitab  Bustam  Salatin  adalah  Kanjeng  Raden  Ayu Pangeran Citera Soma ke- 6 di Jepara, tahun 1259 Hijriah




Isi Naskah               > Secara umum Manuskrip koleksi Museum Mpu Tantular ini terdiri dari 9 bab dengan judul dan topik pembahasan saling berkaitan. Gambaran isi yang diuraikan di dalamnya meliputi beberapa aspek, yaitu Tauhid (ilmu ketuhanan), Tasawuf, do’a dan tata cara manusia mati sahid. Kesembilan bab tersebut yang mempunyai bagian- bagian lengkap, tanpa ada satupun yang sobek. Meskipun ada beberapa  antaranya  yang  hilang,  hal  tersebut  tidak  mengurangi  kejelasan gambaran isi yang terdapat dalam teks tersebut. Berikut ini merupakan penjelasan secara perinci tentang iman dan Islam, mengenai judul dan gambaran isi yang terdapat dalam manuskrip.
1.      Tauhid
Teks ini membicarakan tentang masalah sifat-sifat Tuhan, gambaran isi yang diajukan dalam teks ini adalah mengenai rukun Islam dan rukun Iman. Rukun Islam dalam manuskrip ini menjelaskan tentang lima hal, yakni membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan sholat wajib lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menunaikan zakat, dan melaksanakan ibadah Haji bagi yang mampu. Sedangkan rukun Iman menjelaskan tentang enam perkara yakni : iman kepada Allah, malaikat- malaikatnya, kitab- kitabnya, para rasulnya, percaya pada hari kiamat, dan percaya qadha’ dan qadar. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang pokok – pokok ilmu Tauhid.
Dari ulasan pada teks ini, pengarang kitab mencoba untuk memberikan gambaran secara rinci tentang dasar-dasar untuk mempelajari ilmu tauhid, yakni melalui pemahaman terhadap rukun Islam dan rukun Iman.

2.      Iman Fil Qalbi
Teks ini membahas tentang tasawuf, yang disertai dengan isi dan kandungan iman dalam hati. Gagasan utama yang disampaikan dalam teks ini lebih terfokus pada bagaimana seseorang menjalankan ajaran tasawufnya. Maka, melalui ilmu tasawuf ini, seorang muslim hendaknya sudah mampu untuk memahami ilmu tauhid. Terlebih lagi tentang hubungan Allah dengan umat manusia.

3.      Tentang Do’a
Teks ini berisi tentang do’a yang disertai isi dan kandungan dalam do’a itu sendiri. Penulis tidak banyak memberi pemaparan tentang isi bab ini. Namun, yang penulis tekankan bahwa do’a adalah bagian penting dari sebuah ritual keagamaan dan hal ini hampir tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan umat  manusia.  Maka,  tidak  menutup  kemungkinan  bahwa  do’a  menjadi bagian dari ajaran tauhid yang mesti di pahami oleh seorang muslim.

4.      Wajibnya Orang Islam
Teks ini berisi tentang masalah tasawuf, sama seperti judulnya, teks ini menjelaskan tentang wajibnya seseorang mengenai tentang Islam dan iman yang ditulis secara jelas dan lengkap.

5.      Ajaran Berbuat Baik
Teks masalah akhlak, dalam teks ini menjelaskan tentang akhlak seseorang mengenai tata cara perbuatan seseorang terhadap Tuhan-Nya dan kepada sesama manusia.

6.      Tentang Penciptaan Alam Semesta
Teks ini berisi tentang masalah seputar bagaimana Allah menciptakan alam beserta isinya.



Nama kelompok
Fitria Nur Hidayah             : 121111094
Siti Mashlahatul Ummah    : 121111100
Muhammad Mustami’i
Woko G Anggoro

1 komentar:

  1. maaf sebelumnya, anda melakukan penelitian langsung ke museum mpu tantular apa bagaimana? lalu, apakah anda mengalihaksara semua kitab tersebut atau tidak? terima kasih.

    BalasHapus