Rabu, 13 Januari 2016

touring ke Pacitan

Halloo blogger …. Udah sekian lama nih gak nulis-nulis di sini. Kangen banget mau nulis tapi apalah daya selalu ada aja kesibukan (padahal akunya lagi nganggur banget).  Kemarin sibuk ngerjain skripsi, kalo sekarang sibuk jadi tour guide saudara-saudara dan teman yang datang dari luar pulau dan luar kota.

Tahun sudah berganti sekarang sudah tahun 2016, semoga banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dari tahun kemarin dan semakin menjadi pribadi yang lebih baik ditahun ini dan tahun yang akan datang, amin.
Liburan akhir tahun pada kemana nih??? Kalo aku seperti biasa, tiap kali ada liburan touring deh ke luar kota. Kali ini aku pilih ke Pacitan, ujungnya Jawa Timur . Sebuah keberuntungan dipertemukan dengan kekasih yang memiliki hobi yang sama, kita sama-sama suka travelling, jadi seringnya kalo liburan ya travelling bareng.

pacitan
Kemarin teman-teman banyak yang pada tanya ‘gak capek apa naik motor dari Malang ke Pacitan?’ aku jawab disini ya rek…. Motor si doi ini emang motor yang udah disetting buat jarak jauh (touring) mulai dari stang, ban, shock, jok sudah diganti semua, ditambah full box untuk barang bawaan kami jadi baik rider maupun boncenger sangat nyaman banget berkendara jarak jauh, gak lupa juga kami selalu istirahat setiap 2 jam biar otot gak kaku.

Langsung aja nih ya ceritanya tentang liburan singkat kami. Kami memilih liburan tanggal 24-26 desember 2015. Start dari Malang tanggal 24  Desember jam 06.00 kita ambil rute Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek-Pacitan. Sampai Tulungagung jam kurang lebih jam 9 kurang kami sudah sampai di Ngunut, Tulungagung. Mampir sarapan di warunge mbak tutut asli Ngunut kalo dari Malang tempatnya sebelah kiri jalan sebelum rel kereta api. Jual pecel dan sambel tumpang harganya murah banget  2 nasi pecel plus 2 teh anget Cuma 12000 aja dan masakannya sedap banget, gak salah yang kesana kalo pagi rame banget. Udah kenyang habis sarapan lanjut lagi deh perjalananya.

pantai soge
Perjalanan Malang-Pacitan itu nyenengin banget apalagi mulai Trenggalek sampai Pacitan. Ngelewatin jalan yang berkelok-kelok, kanan kiri hutan cemara, sebelah kiri lautan lepas, bener-bener bisa ngilangin stress deh. Kurang lebih jam 13.00 kami sampai di Kabupaten Pacitan, masuk Pacitan jalanannya beda banget, mendadak mulus banget jalanannya mantan presiden kalik ya hehehe. Tujuan pertama aslinya pingin langsung ke penginapan tapi karena masih siang jadi kami putuskan untuk main-main dulu. Lepas dari jalanan indah tadi kita langsung belok kiri ke arah pantai Soge. Masuk jalur lintas selatan gak kalah keren, disini banyak banget pantai yang bisa dikunjungi aku gak hafal sih, yang jelas banyak banget pantai-pantai di pinggir jalannya. Kita langsung ke Soge karena Cuma mau foto dari jalannya itu aja, hehehe .  Puas foto-foto pinggir pantai kita lanjut ke penginapan. Istirahat bentar,bersihkan badan terus agak sorean kami ke pantai teleng ria, pas acara Honda bikers day kemarin kami gak bisa ikutan jadi kami kesana sendiri deh.

Add caption
Jumat pagi kami mulai perjalanan lagi, tujuan pertama adalah goa gong yang menjadi ikon dari Pacitan. Kira-kira jam 8an kami sudah sampai di goa gong tiket masuknya berapa pokoknya disetiap tempat wisata tiket masuknya sama kok, kami 2 orang plus motor gak lebih dari 35K. beruntung ke goa gongnya masih pagi jadi belum rame dan belum terlalu panas, saran aja nih yang mau k goa gong mendingan pagi-pagi aja. Emang sih dalam goa sudah ada blowernya tapi tetep aja masih sumuk banget di dalamnya. Jangan takut gelap d goa gong, didalam goa sudah ada penerangannya kok, sudah ada tangga juga jadi gak takut kepeleset.

pantai teleng ria
Lepas dari goa gong kita lanjut ke pantai Klayar, masih ikonnya Pacitan juga. Di pantai sini juga rame banget biasanlah, kan sudah bukan jadi pantai perawan lagi, tapi walaupun rame keindahannya gak bisa dipungkiri lagi. Yang disayangkan kemarin jalan menuju karang-karang yang biasa disebut suling samudra itu ditutup mungkin karena ombak tinggi atau apa juga kurang tau. Di pantai Klayar ada penyewaan ATV 50ribu sama supir kalo 75ribu 30 menit gak pakek supir. Lumayan lah pengalaman baru pernah makek ATV.

goa gong

Setelah puas di pantai klayar kami lanjut ke sungai maroon, letaknya gak terlalu jauh juga dari pantai klayar. Sungai maroon yang lagi hits juga. Akses jalan menuju sungai maroon lumayan ekstream kalo bisa supirnya sudah mahir dalam berkendara ya soalnya jalannya agak sempit buat papas an dua mobil ditambah banyak tikungan tajam, kalo naik motor sih langsung cuus aja gak masalah. Masuk area sungai maroon juga sama perorang biayanya gak lebih dari 35k untuk 2 orang plus 1 motor. Sungai maroon adalah wisata alam menelusuri sungai sampai ke pantai ngirboyo.  kanan kiri disuguhkan pemandangan pepohonan yang rindang. Oh iya, sungai maroon ini kan terkenal dengan sebutan green canyonnya Pacitan, tapi kalau kesini mendingan pas musim kemarau aja biar dapet green canyonnya kalo kesana pas musim hujan kayak aku dapetnya brown canyon -___-“ . ada beberapa keunikan di sungai maroon ini, pertama ada pohon kelapa berbentuk L dan ada cabang sungai yang airnya gak bisa bersatu, wallahua'lam lah. Untuk sewa perahunya 2 orang 1 perahu biayanya 75k ditambah mas supir perahunya minta 25k untuk nunggu kami di pantai ngirboyo. Masuk pantai Ngirboyo dikenakan biaya lagi 2 orang 25k.

Kelapa L

Sudah capek main-mainnya kami kami sudahi wisatanya hari ini, mengingat keesokan hariya kami kembali ke Malang jadi hari ini ditutup dengan belanja oleh-oleh. di daerah teleng ria ada banyak kok pusat oleh-oleh kota Pacitan, tapi agak bingung juga kami belanjanya, kami gak menemukan oleh-oleh yang khas banget dari pacitan disana ada camilan ringan seperti sale, brem, keruouk, dan lain-lain. Ada juga otak-otak tuna, tahu tuna, bakso tuna, nugget tuna , dll yang terbuat dari olahan tuna. Saran aja sih, mending beliin oleh-oleh olahan tuna ini deh soalnya enak banget, dibandingkan beli oleh-oleh  camilan tadi rasanya kurang memuaskan.
Main-main sudah, belanja sudah, saatnya kembali ke penginapan. Kami menginap di hotel wijaya perharinya 120K fasilitasnya AC, kamar mandi dalam, TV, the hangat setiap pagi J ini nomor telepon hotel wijaya 081336112476 .

Seperti biasa, kalo kami ke suatu kota pinginnya selalu mencicipi makanan khas di kota tersebut tapi di Pacitan ini kami gak bisa menemukan makanan yang bener-bener khas dari Pacitan. Sempat searching di google tapi gak pernah ada yang nulis tentang makanan khas daerah Pacitan, Tanya warga sekitar katanya yang rame dan enak ada pecel Madiun, jadi kami jauh-jauh ke Pacitan makannya masakan padang sama sate aja.

Sabtu pagi 26 desember 2015 kami kembali ke Malang,
Sudah dulu ya cerita singkatnya… semoga diberi rezeki dan kesahatan supaya kamu dan kalian semua bisa menikmati dan melestarikan keindahan ciptanNya ini, amiinnn...